Langsung ke konten utama

Menanam beberapa tanaman unik

Selain menanam tananaman lokal, ada keinginan untuk menanam tanaman unik nan menggoda. setiap kali melihat buah chery berwarna merah senang rasanya dan berkhayal untuk dapat menanamnya dan memakannya. saya berusaha untuk mendapatkan bijinya namun belum berhasil. akhirnya saya menemukan situs http://iseedyou.com yang menjual biji-biji tanaman unik dari luar. saya coba membeli beberapa tanaman (cherry, Apleberry dan Cengek pelangi).

Setelah biji pesanan sampai, saya coba menanamnya. sayang untuk Cherry perlu waktu lama untuk bisa mengeluarkan kecambahnya. akhirnya hanya dua jenis bijian yang dapat ditanam, Appleberry dan cengek pelangi.


biji apple berry musti direndam dulu selama 24 jam baru kemuadian di semai. sementara cengek bisa dapat disemai. setelah disemai letakan di tempat teduh dan sirami secukupnya. mudah mudahan bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang baik pula. Kata Allah "Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur" (al a'raf : 58)



Appleberry

cabe, tomat, terung

apple berry disemai

Putsa (apel India)



Komentar

  1. luar biasa, saya punya beberapa koleksi tanaman unik juga bos, ada nenas mini,dengan tinggi buah hanya sekitar 10 - 15 cm, kacang brazil ( peanut butter ), cabe ungu, jeruk mangsai, jeruk mandarin, chery guava, jamblang ungu dan jamblang putih, mawar korea, ihau, taraf dll, saya suka sekali bila dapat bertukar tanaman, saya ada di 0815 457 99909

    BalasHapus
  2. ternyata percobaab belum berhasil... tanaman tidak bisa berkecambah. padahal perlakuan sudah seperti yang dianjurkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jombang dan Tempuyung, (hampir) Serupa tapi Tak Sama

Tulisan saya berjudul Jombang Ternyata bisa dimakan , yang dishare di Grup herba facebook mendapat tanggapan berharga. Dari tanggapan seorang facebooker -dengan nama yang unik, Senopati Visionaris Revolusi Energi  saya mengetahui bahwa jombang dan tempuyung adalah tumbuhan yang berbeda namun mirip. Dari sisi nama jombang memiliki nama latin Taraxacum officinale, sedang tempuyung punya nama latin Sonchus arvensi. Saya juga sempat dibuat bingung oleh penyebutan dua nama berbeda itu untuk satu tumbuhan. Dan.... setelah dijelaskan mas Seno saya mengerti bahwa jombang dan tempuyung itu (hampir) serupa tapi tak sama. Menurut apa yang bisa saya tangkap dari masukan di grup, perbedaan mencolok jombang dan tempuyung (selain namanya beda) adalah dari bentuk fisik. 1. Daun. a. Jombang dan tempuyung mempunyai daun yang hampir mirip. Pinggiran daunnya bergerigi. Yang beda adalah, kalau jombang permukaan daunnya halus dan mengkilat sementara tempuyung, cenderung agak kasar dan

Gunting Taman. Ragam dan Fungsinya

Agar tanaman kita selalu tampak indah, tentu kita harus rajin "meriasnya". Untuk itu, kita perlu memiliki alat berupa gunting. Kendati bahan dasar gunting sama-sama terbuat dari baja (stainless steel) dan sama-sama untuk memotong, tapi fungsi tiap gunting berbeda. Perbedaan fungsi gunting bisa dilihat dari bentuk, mata gunting, besar, dan panjangnya. Berikut beberapa gunting, serta penggunaannya:

Vertikal Garden dengan Botol Bekas

  Setelah menyaksikan sebuah video di Youtube tentang pembuatan vertikal garden dengan menggunakan botol kemasan bekas, maka saya juga mencoba membuatnya.Bahan yang saya pakai adalah botol kemasan 1 liter, cutter, gunting, tali dan media tanam.  Sebelum bahan lengkap, saya sudah menyemai bibit sosin sepekan sebelumnya. Bibit sayuran biasanya memang cuma sepekan (ada juga yang 10 hari)akan bertunas dan siap untuk ditanam. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu. Jadi sambil mengumpulkan botol bekas, bibit bisa disemai.