Langsung ke konten utama

Baki Semai, Manfaat dan Jenisnya

Baki semai (seedling tray) adalah tatakan berbahan dasar plastik yang biasa digunakan sebagai wadah penanaman sehingga biiji bisa membentuk akar sendiri sebelum ditanam dilokasi akhir.  Penggunaan baki semai ini memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan metode penyemaian tradisional/ konvensional. Beberapa keuntungan penggunaan tray semai ini adalah:
  • Menghemat tenaga kerja karena waktu untuk menyemai dan memindahkan tanaman menjadi lebih sedikit
  • Akar bibit tanaman tumbuh secara rapi dan teratur mengarah kebawah
  • Benih mudah dilepaskan dari tray semai tanpa merusak bibit
  • Memaksimalkan pemakaian lahan dan mudah dipindahkan tanpa resiko merusak tanaman
  • Meminimalkan resiko dan mencegah tanaman terinjak atau terjatuh
  • Dapat digunakan berulang kali sehingga mengurangi biaya produksi
  • Mudah dalam menghitung bibit yang akan ditanam
Baki semai ini bisa di dapatkan di toko pertanian seharga 15000 (di Bandung).Ukuran (PxL) tray ini ini rata-rata sama yaitu sekitar (28cmx56cm), Namun jumlah lubang dari tray ini bermacam-macam disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan disemai. Jumlah lubang semai ada yang 50 hingga 200 lubang semai disesuaikan dengan kebutuhan

- sumber gambar : indonetwork

 
tray 200 lubang
Tray 128 lubang
 
Tray 50 lubang

Tray 72 lubang

Tray 105 lubang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jombang dan Tempuyung, (hampir) Serupa tapi Tak Sama

Tulisan saya berjudul Jombang Ternyata bisa dimakan , yang dishare di Grup herba facebook mendapat tanggapan berharga. Dari tanggapan seorang facebooker -dengan nama yang unik, Senopati Visionaris Revolusi Energi  saya mengetahui bahwa jombang dan tempuyung adalah tumbuhan yang berbeda namun mirip. Dari sisi nama jombang memiliki nama latin Taraxacum officinale, sedang tempuyung punya nama latin Sonchus arvensi. Saya juga sempat dibuat bingung oleh penyebutan dua nama berbeda itu untuk satu tumbuhan. Dan.... setelah dijelaskan mas Seno saya mengerti bahwa jombang dan tempuyung itu (hampir) serupa tapi tak sama. Menurut apa yang bisa saya tangkap dari masukan di grup, perbedaan mencolok jombang dan tempuyung (selain namanya beda) adalah dari bentuk fisik. 1. Daun. a. Jombang dan tempuyung mempunyai daun yang hampir mirip. Pinggiran daunnya bergerigi. Yang beda adalah, kalau jombang permukaan daunnya halus dan mengkilat sementara tempuyung, cenderung agak kasar dan

Gunting Taman. Ragam dan Fungsinya

Agar tanaman kita selalu tampak indah, tentu kita harus rajin "meriasnya". Untuk itu, kita perlu memiliki alat berupa gunting. Kendati bahan dasar gunting sama-sama terbuat dari baja (stainless steel) dan sama-sama untuk memotong, tapi fungsi tiap gunting berbeda. Perbedaan fungsi gunting bisa dilihat dari bentuk, mata gunting, besar, dan panjangnya. Berikut beberapa gunting, serta penggunaannya:

Vertikal Garden dengan Botol Bekas

  Setelah menyaksikan sebuah video di Youtube tentang pembuatan vertikal garden dengan menggunakan botol kemasan bekas, maka saya juga mencoba membuatnya.Bahan yang saya pakai adalah botol kemasan 1 liter, cutter, gunting, tali dan media tanam.  Sebelum bahan lengkap, saya sudah menyemai bibit sosin sepekan sebelumnya. Bibit sayuran biasanya memang cuma sepekan (ada juga yang 10 hari)akan bertunas dan siap untuk ditanam. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu. Jadi sambil mengumpulkan botol bekas, bibit bisa disemai.