Langsung ke konten utama

Perlengkapan Berkebun yang Sebaiknya Anda Miliki Dirumah

Sumber dari : http://architectaria.com
Pada edisi lalu kita telah membahastips dan cara berkebun yang benar. Seperti yang kita tahu, dalam berkebun tentu banyak aktifitas yang harus Anda lakukan, yang meliputi pengolahan lahan, penyebaran benih, penanaman pohon, hingga proses perawatan yang perlu dilakukan secara berkala. Dalam menjalankan semua kegiatan itu, kita memerlukan alat-alat berkebun yang tepat. Sehingga, kegiatan berkebun kita menjadi lebih lancar.
Alat-alat berkebun tentu saja memiliki spesifikasi khusus yang didesain untuk tujuan berbeda. Maka dari itu, sebelum memulai aktifitas Anda di kebun, pastikan bahwa alat-alat di bawah ini telah Anda miliki. Jika belum, mungkin Anda perlu mampir sejenak di toko-toko yang menjual alat berkebun.

1. Alat pemotong rumput
Alat pemotong rumput merupakan alat otomatis yang dapat mempercepat proses memotong rumput di kebun. Mesin ini bekerja dengan cara menggerakkan lempengan-lempengan besi sehingga dapat memotong rumput seketika ketika alat ini melewati rumput-rumput yang sudah panjang.
Sebenarnya, ada 2 jenis alat pemotong rumput, yakni trimmer dan edger. Keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk memotong rumput yang tumbuh memanjang di kebun atau pekarangan, namun terdapat sedikit perbedaan dalam lokasi penggunaannya. Bila Trimmer merupakan alat pemotong rumput untuk rumput yang tumbuh di tanah langsung, Edger merupakan alat pemotong rumput yang biasanya digunakan untuk memotong rumput yang tumbuh di antara jalan setapak, batu hampar, dan permukaan keras lainnya.
Kedua jenis peralatan ini biasanya menggunakan baterai atau bahan bakar minyak. Untuk alat pemotong rumput yang berbahan bakar minyak, pada bodinya terdapat mesin untuk proses pembakaran agar alat dapat bekerja. Sedangkan pemotong rumput yang menggunakan tenaga baterai, Anda perlu melakukan pengisian ulang sebelum menggunakannya.
peralatan berkebun2
Beberapa Jenis Peralatan Berkebun Dirumah
2. Gunting Rumput
Bila Anda ingin alat pemotong rumput yang bekerja secara manual, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih gunting rumput. Gunting rumput ini selain bisa digunakan untuk memotong rumput, bisa juga digunakan untuk memangkas tanaman dan pepohonan yang sudah sangat lebat. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena gunting rumput ini ukurannya cukup besar dan tajam. Untuk itu, ketika menggunakan alat-alat perkebunan ini, pastikan anak-anak tidak berada di sekeliling Anda.
3. Spreader
Sesuai namanya, spreader adalah alat yang dapat membantu Anda menyebarkan benih tanaman, pupuk, dan zat penyubur lain. Dengan alat ini, maka proses penyebaran pupuk dan benih bisa dilakukan lebih cepat. Alat ini memiliki pegangan berbentuk engkol. Di bagian bawah spreader, terdapat lubang yang dapat diisi denga benih atau pupuk yang akan disebarkan pada kebun atau pekarangan Anda.
Bila kebun di rumah Anda tergolong luas, maka pertimbangkan untuk menggunakan drop spreader. Bila pada hand spreader atau spreader biasa pupuk dan benih bisa tercecer dimana saja, maka dengan drop spreader ini Anda bisa menentukan kapan material tersebut akan dijatuhkan dari alat tersebut. Sehingga, pupuk atau benih yang akan disebar menjadi jatuh di tempat tertentu dan Anda bisa memberi jarak antara satu titik dengan yang lain. Alat ini sangat sesuai bagi Anda yang tengah memulai untuk menyebarkan benih di kebun.
4. Lawnmover
Lawnmover merupakan alat yang wajib dimiliki bagi mereka yang meiliki kebun yang luas. Prinsip kerjanya sebenarnya sama saja dengan Trimmer, hanya saja Trimmer akan lebih cocok digunakan untuk kebun yang tak terlalu luas. Untuk kebun yang cukup luas, maka penggunaan Lawnmover lebih tepat. Tipe serta ukuran Lawnmover sangat bervariasi dan Anda bisa menyesuaikannya dengan seberapa luas kebun di rumah Anda. Untuk pekarangan yang tak terlalu luas, lebih baik gunakan push lawnmower. Namun bila kebun Anda cenderung luas dan Anda memiliki budget yang besar, maka Anda bisa memilih riding lawnmower.
Alat pemotong rumput ini biasanya menggunakan bahan bakar minyak atau baterai. Bila Anda membeli Lawnmower yang menggunakan baterai, Anda perlu mengisi ulang daya baterai sebelum digunakan.
5. Garpu Penggaruk
Garpu penggaruk merupakan alat perkebunan yang serba guna. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengumpulkan daun-daun yang berguguran serta sampah-sampah lain yang berserakan di kebun. Anda bisa juga menggunakan ini untuk menyingkirkan kerikil dan batuan-batuan kecil lain. Bahkan, Anda garpu ini juga bisa dipakai untuk mengolah tanah, menutupi sisa-sisa rumput yang selesai dicabut, atau untuk meratakan pupuk dan benih yang belum tersebar secara merata.
6. Gembor
Gembor merupakan alat untuk menyiram tanaman. Gembor tersedia dalam berbagai ukuran, tergantung dengan tingkat kebutuhan. Gembor biasanya terbuat dari logam atau plastik. Namun, bila Anda memilih menggunakan gembor untuk menyiram tanaman, Anda harus siap menggotong-gotong air yang bisa sangat berat, terlebih bila ukuran gembor memang cukup besar. Untuk itu, gembor ini akan lebih baik untuk menyirami tanaman pada kebun yang tak terlalu besar. Bila Anda tak ingin repot, Anda bisa menggunakan selang air yang dihubungkan dengan sumber air terdekat untuk menyiram tanaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jombang dan Tempuyung, (hampir) Serupa tapi Tak Sama

Tulisan saya berjudul Jombang Ternyata bisa dimakan , yang dishare di Grup herba facebook mendapat tanggapan berharga. Dari tanggapan seorang facebooker -dengan nama yang unik, Senopati Visionaris Revolusi Energi  saya mengetahui bahwa jombang dan tempuyung adalah tumbuhan yang berbeda namun mirip. Dari sisi nama jombang memiliki nama latin Taraxacum officinale, sedang tempuyung punya nama latin Sonchus arvensi. Saya juga sempat dibuat bingung oleh penyebutan dua nama berbeda itu untuk satu tumbuhan. Dan.... setelah dijelaskan mas Seno saya mengerti bahwa jombang dan tempuyung itu (hampir) serupa tapi tak sama. Menurut apa yang bisa saya tangkap dari masukan di grup, perbedaan mencolok jombang dan tempuyung (selain namanya beda) adalah dari bentuk fisik. 1. Daun. a. Jombang dan tempuyung mempunyai daun yang hampir mirip. Pinggiran daunnya bergerigi. Yang beda adalah, kalau jombang permukaan daunnya halus dan mengkilat sementara tempuyung, cenderung agak kasar dan

Gunting Taman. Ragam dan Fungsinya

Agar tanaman kita selalu tampak indah, tentu kita harus rajin "meriasnya". Untuk itu, kita perlu memiliki alat berupa gunting. Kendati bahan dasar gunting sama-sama terbuat dari baja (stainless steel) dan sama-sama untuk memotong, tapi fungsi tiap gunting berbeda. Perbedaan fungsi gunting bisa dilihat dari bentuk, mata gunting, besar, dan panjangnya. Berikut beberapa gunting, serta penggunaannya:

Vertikal Garden dengan Botol Bekas

  Setelah menyaksikan sebuah video di Youtube tentang pembuatan vertikal garden dengan menggunakan botol kemasan bekas, maka saya juga mencoba membuatnya.Bahan yang saya pakai adalah botol kemasan 1 liter, cutter, gunting, tali dan media tanam.  Sebelum bahan lengkap, saya sudah menyemai bibit sosin sepekan sebelumnya. Bibit sayuran biasanya memang cuma sepekan (ada juga yang 10 hari)akan bertunas dan siap untuk ditanam. Hal itu dilakukan untuk efisiensi waktu. Jadi sambil mengumpulkan botol bekas, bibit bisa disemai.